Sejarah SMAN 1 MAJALENGKA


SMAN 1 MAJALENGKA


Sman 1 Majalengka depan

Sman 1 Majalengka depan

Alamat :
Jl.KH. Abdul Halim No.113. Majalengka, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah SMAN 1 MAJALENGKA -
SMA Negeri 1 Majalengka berdiri tanggal 1 Agustus 1961. Sebelum menjadi sekolah mandiri SMA Negeri 1 Majalengka ini merupakan kelas jauh dari SMA Negeri 1 Kuningan. Beberapa bulan SMA Negeri 1 Majalengka ini menjadi sekolah mandiri yang dipimpin oleh seorang Kepala sekolah definitif. Dari Kepala Sekolah definitif awal sampai sekarang telah mengalami 11 kali pergantian pimpinan, yaitu:[1]
  • Bapak Drs Burdah dari tahun 1961 sampai tahun 1966
  • Bapak Suwarman, BA dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1975
  • Bapak Sirod, BA dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1977
  • Bapak Endi Suhenda, BA dari tahun 1978 sampai dengan tahun 1980
  • Bapak Abdul Hamid Arief, BA dari tahun 1981 sampai dengan tahun 1986
  • Bapak Shaali Wahyu R, BA dari tahun 1987 sanpai dengan tahun 1988
  • Bapak Drs. Djadja Karja dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1990
  • Bapak H. Kuslan, BA dari tahun 1991 sampai dengan tahun 1995
  • Bapak Drs. Atta Suharyat dari tahun 1995 sampai dengan 1 April 2000
  • Bapak Drs. Edi Suardi dari 1 April 2000 sampai dengan 30 Juni 2000
  • Bapak Drs. H. A. Wahab Sudinata, MM. dari 1 Juli 2000 sampai dengan Agustus 2006
  • Bapak Drs. Isa Ansori Mutaqin, M.Pd. dari 1 September 2006 sampai dengan 2011
  • Bapak Drs. H. Zaenal Mutaqin, M. Pd. dari 2011 sampai dengan sekarang
Kemajuan lainnya secara bertahap, SMA Negeri 1 Majalengka, mampu mengembangkan dirinya, baik pengembangan fisik berupa ruangan belajar dan ruangan lainnya, juga sarana olahraga, maupun pengembangan di bidang akademis dan non akademis.
Dari segi pengembangan fisik SMA Negeri 1 Majalengka telah mempuyai 30 ruang untuk belajar,ruang lab. Kimia,ruang lab. Fisika ,ruang lab. Biologi,ruang lab. Bahasa, ruang lab. Multimedia dan ruang lab. Komputer. Sebuah Aula, ruang perpustakaan, ruang piket, ruang TU, Masjid dan Koperasi Siswa serta Guru. SMA Negeri 1 Majalengka juga mempunyai 2 lapangan basket, 2 lapangan volly dan sebuah lapangan bulu tangkis. Sarana lainnya untuk pengembangan kreatifitas siswa adalah ruangan-ruangan Sekretariat Ekstrakurikuler seperti Pramuka, Paskibra, Ganapala, PKS, PMR, RSG, Gita Ganesha, SSSI, KIR , Olahraga dan sebuah Graha OSIS Mutaqin (2008).
Perkembangan prestasi akademis dari siswa-siswa SMA Negeri 1 Majalengka sangat menggembirakan dan dapat dibanggakan. Prestasi siswa-siswi ini masih jauh diatas prestasi siswa- siswi sekolah lain yang ada di Kabupaten Majalengka. Bahkan di Propinsi Jawa Barat, SMA Negeri 1 Majalengka pernah mencapai 10 besar dalam kompetensi siswa teladan. Dan untuk siswa-siswi teladan tingkat Kabupaten Majalengka pada umumnya selalu didominasi oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Majalengka.
Perkembangan Olahraga dan Seni pun kini mulai menampakkan perkembangan baik. Tim Basket SMA Negeri 1 Majalengka adalah yang terbaik di Kabupaten Majalengka. Bahkan menjadi satu-satunya wakil Majalengka dalam Kompetisi Basket Pelajar terbesar di Indonesia untuk regional Jawa Barat. Tim bola Volly SMA Negeri 1 Majalengka juga merupakan tim yang diperhitungkan. Untuk wilayah 3 Cirebon saja, SMA Negeri 1 Majalengka telah banyak mengikuti acara-acara festival band, modern dance dan teater.
Untuk kegiatan Ekstrakurikuler, SMA Negeri 1 Majalengka adalah salah satu sekolah yang memiliki banyak Ekstrakurikuler dan sarana Organisasi lainnya di bawah OSIS. Diantaranya DKM, Pramuka, Paskibra, Ganapala, PKS, PMR, RSG, Gita Ganesha, SSSI, KIR , ECC, GIt, Olahraga (9 Cabang), dan LOPI. Kesemuanya berada dibawah koordinasi OSIS dan setiap Ekstrakurikuler mempunyai wakil yang disebut sub seksi dalam OSIS. Sehingga alur koordinasi, pengembangan juga pemantauan pada tiap-tiap Ekstrakurikuler jelas. Ini juga didukung oleh sarana baru yaitu Graha OSIS Mutaqin yang baru berdiri pada tahun 2008 lalu sebagai ruang kerja eksklusif OSIS.
Layaknya sebuah sekolah yang baik, maka dibutuhkan pula tenaga pengajar yang terampil, professional dan mampu mengembangkan siswa. Tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Majalengka adalah sarjana lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya. Dibuktikan denagn adanya guru teladan di SMA Negeri 1 Majalengka. Perkembangan jumlah tenaga kerja yang semula berjumlah 8 orang guru sekarang berkembang menjadi 75 orang dan dibantu oleh 25 orang staf TU, keamanan, dan petugas kebersihan sekolah.
Siswa-siswi yang berkualitas menjadi modal awal dan berharaga untuk mengembangkan prestasi di masa depan. Untuk itu, sejalan dengan cita-cita SMA Negeri 1 Majalengka yang menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pada tahun 2013, maka penjaringan terhadap calon peserta didik harus dilakukan secara teliti . Untuk masuk menjadi siswa-siswi SMA Negeri 1 Majalengka denagn cara SASB. Itu merupakan sebuah usaha menjaga nama baik SMA Negeri 1 Majalengka sebagai sekoalh unggulan. Dalam 30 kelas yang ada, terdapat masing-masing sekitar 40 orang siswa atau total sekitar 1200 siswa yang dibimbing untuk bias berkompetisi dan berguna di masyarakat.
Alumni-alumni SMA Negeri 1 Majalengka telah tersebar di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Mereka telah mendapatkan kedudukan yang terhormat yang beraneka ragam di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.
Dengan segala usaha dan upaya dari berbagai pihak untuk terus memajukan SMA Negeri 1 Majalengka berharap dapat terus berprestasi baik ditingkat Kabipaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional. Semoga apa yang telah kami lakukan dapat memberiakn manfaat bagi dunia pendidikan ataupun perbaiakn derajat kehidupan bagi bangsa Indonesia ini. Karena sejatinya pendidiakn adalah harkat martabat negara yang harus dijunjung tinggi.
Sumber : wikipedia

0 Response to "Sejarah SMAN 1 MAJALENGKA"